Jumat, 18 Januari 2008





PRAKTIKUM

MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

DI SKB (sanggar kegiatan belajar) JAKARTA PUSAT

Upaya pengembangan Pendidikan dalam laju pembangunan nasional merupakan keharusan dan kewajaran. Dinyatakan sebagai keharusan, karena Pendidikan perlu mengembangkan dirinya untuk lebih berperan sebagai Pendidikan untuk pembangunan. Disebut sebagai kewajaran, karena kehadiran Pendidikan, yang m erupakan produk budaya masyarakat dan bangsa, terus berkembang untuk mencari bentuknya yang paling cocok sesuai dengan perubahan dinamis yang terjadi di masyarakat pada setiap bangsa. Perubahan dinamis itu terjadi sebagai akibat wajar dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan nilai-nilai budaya yang semakin cepat, dan meningkatnya tuntutan masyarakat untuk memperoleh Pendidikan yang dapat memenuhi laju pembangunan dan perkembangan zaman.

Praktikum adalah subsistem dari perkuliahan yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang teori atau agar mahasiswa menguasai keterampilan tertentu yang berkaitan dengan suatu pengetahuan atau suatu mata kuliah. Melalui kegiatan praktikum ini di harapkan dapat mengembangkan kompetensi dan kreativitas pada diri sendiri. Kompetensi seorang sangat menentukan kualitas suatu program yang dijalaninya. Kegiatan praktikum merupakan Kegiatan pembelajaran partisipatif, atau disebut pula kegiatan belajar membelajarkan partisipatif. Merupakan fenomena yang sedang tumbuh dalam pendidikan luar sekolah. Kegiatan praktek ini perlu dan dapat dikembangkan sejalan dengan peningkatan-peningkatan kemantapan sub sistem pendidikan luar sekolah dalam sistem pendidikan nasional. Kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh Pendidikan luar Sekolah memiliki patokan-patokan tertentu yang harus di jalankan.Di dalam membina dan mengembangkan satuan Pendidikan Luar Sekolah di perlukan asas yang kuat sehingga setiap program-program yang telah di rumuskan harus di dasari oleh kenyataan obyektif yang dimiliki oleh individu.

Praktikum yang di lakukan oleh mahasiswa pendidikan luar sekolah, Universitas Negeri Jakarta dengan SKB Jakarta Pusat, merupakan sebuah langkah yang sangat baik guna memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa atau menerapkan segala ilmu/teori yang di dapat di perkuliahan.

Kerjasama yang di lakukan oleh mahasiswa pendidikan luar sekolah, dengan SKB jakarta pusat yang di laksanakan pada 17 September 2007 sampai dengan bulan januari 2008 memberikan sebuah inovasi yang berbeda dari hasil kerjasama yang di lakukan.

SKB adalah Pelaksana Teknis dari Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi PEMDA DKI Jakarta yang bertujuan meningkatkan ke-sejahteraan masyarakat melalui Pendidikan dan Pelatihan keterampilan bagi masyarakat. Di SKB masyarakat dapat belajar keterampilan, bersekolah setara SD, SLTP, SLTA, ber-olahraga, membaca buku dan lain sebagainya.

Mahasiswa praktikum pendidikan luar sekolah di SKB jakarta pusat sebanyak 50 orang. Program-program Apa Saja yang di laksanakan oleh mahasiswa pendidikan luar sekolah dengan SKB (sanggar kegiatan belajar) jakarta pusat, diantaranya yaitu:

  1. Pelatihan Tutor Keaksaraan Fungsional
  2. Pelatihan Tutor PAUD
  3. Pelatihan Tata Boga
  4. Pelatihan Tata Rias
  5. Pelatihan Komputer
  6. Pembuatan Media

Program yang di laksanakan oleh mahasiswa pendidikan luar sekolah tidak hanya program pelatihan, akan tetapi tim praktikum juga melaksanakan program pendataan se-kotamadya jakarta pusat, yang terdiri dari 8 kecamatan se-jakarta pusat, diantaranya yaitu:

  1. Kecamatan Senen
  2. Kecamatan Kemayoran
  3. Kecamatan cempaka Putih
  4. Kecamatan Johar Baru
  5. Kecamatan Menteng
  6. Kecamatan Tanah Abang
  7. Kecamatan Gambir
  8. Kecamatan Sawah Besar

Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, terlaksananya praktikum mahasiswa pendidikan luar sekolah di SKB jakarta pusat, di antara yaitu:

  1. Dra. Widhi Astari, MM (Ketua SKB Jakarta Pusat)
  2. Drs. Widyo Prihanadi (Dosen Pembimbing Praktikum)
  3. Segenap kordinator pelatihan
  4. TLD Jakarta pusat
  5. Staf SKB Jakarta pusat
  6. Mahasiswa praktikum pendidikan luar sekolah.

Nama-nama mahasiswa pendidikan luar sekolah yang mengikuti praktikum di SKB jakarta Pusat

  1. Andri Alfian
  2. Eka Wahyu. A
  3. Erlita
  4. Elmawati
  5. Tia Aristiani
  6. Rika Purnawati
  7. Ervina.A
  8. Ria Rosliawati
  9. Shinta Febrian
  10. M. Fahrial. N
  11. Fitrah Abdul Quddus
  12. Safety Rizkiyah
  13. Tri Isdianti
  14. Putri Respita Sari
  15. Desi Susana
  16. Ririn Risnawati
  17. Ika. S
  18. Septyan Walensyah
  19. Leonardo. P.J
  20. Rizky Rachmadaniar
  21. Noor Rizky Amalia
  22. Mulyani. S
  23. Eka Afrina
  24. Wahyu P. Ningtyas
  25. Novalia Sari
  26. Adi Irvansyah
  27. Fahri
  28. Sri Fuji Astuti
  29. Weny Nur Puspita Sari
  30. Fitriah
  31. Heni Dwi. F
  32. Putty Rindang
  33. Mutiara Ratna Putri
  34. Abdul Malik
  35. Moch. Affandi
  36. Ricca Vebriyanty
  37. Riza Umami
  38. Meta
  39. Astri Apriyati
  40. Iddah. S
  41. Leny Novitasari
  42. Prayit Sulistya Asih
  43. M. Rojuddin
  44. Alfiddah.MZT
  45. Diah Minarsih
  46. Rini Oktaviani
  47. Aprila Silpia. A
  48. Dwi Bekti
  49. Devi Novita
  50. Rizky Destianty

Akhir kata, semoga praktikum di SKB Jakarta Pusat ini dapat memberikan manfaat kepada teman-teman praktikum PLS di SKB Jakarta Pusat, hanya ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya yang dapat kami sampaikan kepada segenap pihak yang telah membantu kami. Atas perhatian nya kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, Januari 2008

Ketua Praktikum, Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Jakarta



(Abdul Malik Ghozali)



Tidak ada komentar: